7KA2wVmfD46tLXROz6iytLpgfA5SdPnQPMCkzpDM

Head Office

Jl. Jatipadang Utara No 2 RT 01/RW 07 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540.

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Cara Mencuci Pakaian yang Benar Agar Warna Tidak Pudar




Pencucian yang tidak tepat bisa membuat baju memudar warnanya. Biasanya baju, terutama kaus berwarna hitam, navy, atau yang berpalet gelap lebih cepat terlihat pudar sehingga membuat penampilan berbusana terlihat kurang menarik.

Cara mencuci yang benar bisa mencegah warna baju cepat pudar. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut cara mencuci baju di  agar warna baju tahan lama.

  • Perhatian Instruksi di Label Pakaian
  • Ketika kamu membeli pakaian, biasanya tertera label petunjuk perawatan, mulai dari cara mencuci hingga menyetrika, agar bahan dan warnanya lebih tahan lama. Sebab, beberapa jenis bahan pakaian menggunakan zat pewarna yang bisa luntur sehingga warnanya cepat memudar.

  • Pisahkan warna cerah dan pastel dari pakaian berwarna gelap, lalu cuci warna serupa bersama-sama
  • Cuci dengan Air Dingin atau Suhu Ruangan 

Mencuci dengan air dingin akan membantu warna baju lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Air hangat atau panas bisa merusak serat kain sehingga warna baju jadi cepat pudar.

  • Jika menggunakan mesin cuci jangan mengisi terlalu penuh. Selain lebih bersih, pakaian juga akan terkena gesekan yang lebih sedikit.
  • Jangan menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari, usahakan ditempat yang teduh.
  • Balikan pakaian bagian dalam ke luar saat menjemur untuk mencegah warna di sisi luar pakaian memudar.
  • Jangan Terlalu Sering Dicuci
Semakin sering dicuci, warna pakaian akan cepat pudar, Jika pakaian hanya dipakai beberapa jam, jangan langsung diletakan di tempat pakaian kotor, jika noda atau kotoranya tidak berlebih. Cukup digantung atau diangin-anginkan.

  • Menyesuaikan suhu alat setrika dengan jenis baju (saat menyetrika).
Mulailah dengan bahan yang paling halus karena baju berbahan halus tak perlu disetrika dengan suhu yang terlalu panas. Setelah itu, baju dengan bahan katun dan linen yang perlu disetrika dengan suhu lebih panas lagi. Selalu diamkan alat setrika Anda beberapa menit setelah mengubah suhunya.





Related Posts
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar